Sejarah Bola Basket Dunia dan Indonesia

Basket adalah sebuah olahraga yang berhasil membuat Michael Jordan hingga LeBron James menjadi terkenal. Namun, siapa sebenarnya pencipta permainan ini? Permainan bola basket saat ini memang telah menjadi salah satu dari olahraga yang cukup populer di Indonesia, meski ketenarannya masih kalah jika dibandingkan dengan sepak bola maupun juga bulu tangkis. Seiring dengan berjalannya waktu, olahraga basket menjadi sebuah olahraga yang semakin terkenal di Indonesia. Terlebih setelah kompetisi lokal, dari antar sekolah hingga profesional yang sudah semakin baik.

Sejarah Bola Basket Dunia dan Indonesia

Dengan begitu, kedepannya basket kemungkinan besar akan bisa lebih banyak peminatnya di Tanah Air. Bagi anda yang memang sangat menyukai olahraga ini, anda mungkin akan bertanya-tanya sebenarnya dari mana terciptanya permainan yang popularitasnya sangat dipengaruhi oleh Liga Basket Amerika Serikat (NBA) di masa sekarang ini ? Nah, untuk mempelajarinya lebih jauh dalam artikel kali ini akan kami bahas awal mula terciptanya permainan bola basket, hingga perkembangannya di Indonesia 

Asal-usul Bola Basket

Olahraga basket sendiri diciptakan pada tahun 1891 oleh Dr. James Naismith, seorang guru olahraga asal Kanada, yang pada saat itu mengajar di sebuah perguruan tinggi Springfield, Massachusetts, Amerika Serikat. Pada saat itu, ia harus membuat sebuah permainan olahraga di dalam ruang tertutup untuk mengisi waktu para siswa pada saat liburan musim dingin. Terinspirasi dari sebuah permainan yang pernah ia mainkan saat kecil di Kanada, lalu tercipta lah permainan yang sekarang ini dikenal sebagai olahraga basket, pada 15 Desember 1891.

Sejarah Bola Basket Dunia

Diawal perkembangan olahraga basket, banyak sekali orang yang bertentangan dengan olahraga yang satu ini, karena banyak yang berpikir bahwa olahraga basket ini terlalu keras, dan juga tidak cocok apabila dilakukan dalam sebuah ruangan tertutup.  Karena itu, James Naismith memutuskan membuat sebuah peraturan dasar untuk permainan bola basket dan permainan ini mulai dimainkan oleh murid-muridnya.

Pertandingan Pertama & Diadakannya Kompetisi

Pertandingan basket adalah sebuah pertandingan yang pertama kali diselenggarakan pada tanggal 20 Januari 1892. Kemudian permainan tersebut berkembang dengan nama basketball, nama tersebut di dapat dari salah satu murid James Naismith. Sejak saat itu, olahraga basket kemudian mulai menyebar ke seluruh Amerika Serikat. Olahraga ini juga sudah mulai dimainkan oleh banyak orang, dan juga sudah mulai diadakan kompetisi bola basket. Sekarang permainan bola basket ini sudah dapat dijumpai dan di mainkan dengan mudah, di seluruh dunia.

Lahirnya Liga Basket NBA

Setelah bola basket mulai dikenal luas oleh masyarakat, pada 6 Juni 1946, lahir lah sebuah kompetisi bola basket ternama asal Amerika Serikat, yaitu National Basketball Association (NBA). Dari sini lahir lah kemudian para bintang basket NBA mulai terkenal, seperti Larry Bird, Kareem Abdul-Jabbar, Michael Jordan, Kobe Bryant, hingga yang sekarang ini LeBron James dan Stephen Curry.

Sejarah Bola Basket Indonesia

Perkembangan olahraga basket juga memiliki sejarah panjang di Indonesia, awalnya olahraga ini masuk dengan imigran dari China ke Indonesia yang terjadi pada tahun 1920-an. Pendatang dari Cina membawa permainan bola basket yang telah dikembangkan di Tiongkok.

Awalnya Dimainkan Etnis Tionghoa

Awalnya bola basket adalah permainan yang hanya dimainkan oleh kaum elit Tionghoa dan menjadi sebuah olahraga yang identik dengan kaum tersebut di Indonesia. Bangsa Indonesia sendiri masih belum memainkan bola basket, karena pada saat itu Indonesia masih di bawah penjajahan Belanda.

Walaupun Belanda tidak melarang kaum pribumi untuk dapat bermain bola basket, tetapi pada saat itu masih sedikit sekali pemain bola basket yang ada di Indonesia. Karena itu, pemain basket terkenal Indonesia mayoritas adalah mereka etnis Tionghoa. Pada saat itu pun  setiap sekolah Tionghoa yang ada di Indonesia diwajibkan menyelenggarakan olahraga basket, dan setiap siswa pun akhirnya harus bermain bola basket.

Masuknya Basket di Ajang PON Indonesia

Semakin lama, semakin banyak pemain bola basket yang ada Indonesia. Karena pengaruh dari olahraga basket di sekolah. Buktinya adalah permainan bola basket ikut masuk ke dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) yang diselenggarakan di tahun 1948, PON pertama untuk Indonesia, Namun keterbatasan dari olahraga ini yaitu hanya bisa dimainkan oleh kaum pria saja. Setelah itu, pada Pekan Olahraga Nasional (PON) kedua yang diselenggarakan tahun 1951, olahraga bola basket mulai dikompetisikan dengan peserta dari regu putra dan juga putri. Regu yang dikirim pun bukan lagi dari Karesidenan. Melainkan mereka yang cakupannya sudah meliputi provinsi.

Terbentuknya Organisasi Basket Indonesia / PERBASI

Indonesia pun lalu membentuk sebuah organisasi PERBASI (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia) di tahun 1951. Kemudian diterima sebagai anggota dari FIBA ​​(International Basketball Federation) pada tahun 1953. Setahun kemudian, untuk pertama kalinya Indonesia juga mengirim tim bola basket di dalam ajang Asian Games yang diselenggarakan di Manila.

Sejarah basket di Indonesia semakin menunjukkan sebuah kemajuan yang signifikan, dengan munculnya liga bola basket profesional pria yang awalnya dikenal dengan nama Kobatama. Atau yang sekarang dikenal sebagai National Basketball League (NBL) Indonesia, dan juga liga basket profesional putri yang sekarang dikenal sebagai Women’s National Basketball League (WNNBL).

Pada tanggal 3 April 1982 merupakan sebuah tanggal bersejarah bagi olahraga basket di Indonesia. Karena, pada hari itu, pertandingan antara klub Rajawali Jakarta menghadapi Semangat Sinar Surya Yogyakarta. Pertandingan yang menandai dimulainya Kompetisi Bola Basket Utama (Kobatama) yang pertama kalinya, sekaligus merupakan sebagai langkah awal dari sejarah panjang dari kompetisi klub-klub papan atas bola basket yang ada di Indonesia. Klub bola basket Indonesia Muda Jakarta juga mencatatkan diri sebagai klub pertama yang berhasil meraih gelar bergengsi kejuaraan Kobatama tersebut.

Setelah sejarah perkembangan bola basket mengalami masa pasang surut selama hampir 30 tahun lamanya, dalam beberapa tahun terakhir ini olahraga basket berkembang begitu pesat. Hal tersebut diawali oleh penyelenggara Deteksi Basketball League (DBL) yang berhasil dikemas dengan sangat menarik, sehingga mampu memberikan sebuah warna tersendiri dalam kompetisi tingkat pelajar di Indonesia. 

Namun langkah untuk lolos menjadi menantang setelah keberhasilan Timnas Basket Indonesia di laga pertama grup A dalam babak kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 melawan Korea Selatan. Sekadar info, Timnas Basket Indonesia juga tergabung di grup A bersama dengan Korea Selatan, Filipina dan Thailand. Untuk lolos ke FIBA Asia Cup 2021, Timnas Basket Indonesia wajib berada di posisi dua besar atau mereka harus berada di tempat ketiga agar bisa melaju ke babak kualifikasi kedua. Untuk dapat mencapai target tersebut, Filipina pun wajib dikalahkan oleh Timnas Basket Indonesia.

Demikian itulah sejarah panjang dari perkembangan bola basket yang ada di Indonesia. Dimulai dari sejarah awal terciptanya olahraga basket, dan bagaimana perjalannya sehingga sampai ke Indonesia. Perkembangan olahraga basket di Indonesia yang mengalami sebuah pasang surut, namun pada akhirnya membuat olahraga ini mampu tumbuh pesat. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *